Tujuh Hari setelah Rutin Berolahraga


Suatu hari di bulan Maret, aku menyandarkan diri di pohon mahoni di tengah jalan menuju kantorku dari kantin. Aku berjalan kira-kira 5 menit dan rasanya jantungku berat sekali, Napas ku sesak dan ada rasa berat di dada. Sesaat aku merasa, akan terkena serangan jantung, rapi segera ku tapis karena tak mungkin seorang yang berusia 30an tahun seperti ku sudah terkena serangan jantung. Setelah beristirahat cukup lama sehingga napas kembali normal, aku kembali melangkah melanjutkan perjalanan. Dalam hati aku memperingati diri untuk berolahraga. Peringatan itu baru benar-benar terlaksana di akhir April. Setelah membaca berbagai literatur, aku memilih melakukan HIIT (High Intensity Interval Training) karena berdasarkan artikel di website Harvard ini , HIIT bagus untuk meningkatkan otot termasuk jantung. HIIT yang kulakukan tak lama, 15 menit saja, sebab penelitian mengungkapkan HIIT 15 menit saja sudah sangat baik. Setelah 7 hari ini ada beberapa hal baik  yang kurasakan diantaranya

  • 1.       Jadi lebih bertenaga

Aku berolahraga hanya 15 menit saja perhari dan memang hasilnya jadi lebih bertenaga dari biasanya. Saat bangun pagi pun aku merasa segar. Sebelumnya jika melakukan pekerjaan rumah seperti menyetrika punggung ku akan sakit cukup lama, sekarang sudah tak lama. Baru 7 hari, aku membayangkan berhari-hari berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, pastilah tubuhku akan lebih baik

  • 2.       Lebih banyak minum air

Setelah berolahraga, aku biasa minum sekitar 1L air. Dan setelahnya aku diingatkan diri untuk selalu minum air.

  • 3.       Pikiran lebih sehat

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat ada benarnya juga. Setidaknya 7 hari ini aku lebih banyak berada pada suasana hari yang baik. Selain itu aku juga mendapati diriku lebih senang berpikir tentang saat ini, buka masa lalu atau masa depan

  • 4.       Lebih menghargai tubuh

Di hari ketiga, tak sengaja aku mencederai kakiku. Kakiku agak sedikit nyeri jika dipakai berjalan. Saat sakit itu, aku menyadari betapa besar tekanan yang aku berikan ke kaki untuk berjalan. Betapa kakiku kuat sekali menampung tubuhku yang berat berlebihan ini

Ku pikir masih banyak lagi keuntungan lainnya. Yang jelas berolahraga sangat menyenangkan. Fokus olahraga ku kali ini benar-benar agar sehat tanpa ada gol menurunkan berat badan dan sejujurnya hal itu lebih membuatku menikmati olahraga ku. Aku akan kembali menulis tentang perkembangan olahraga ku sebulan lagi. Aku harap aku terus berolahraga

 

Tidak ada komentar