2023 dan Komitmen untuk Selalu Bersyukur



Suatu hari di awal januari 2023 saya bangun pagi dan menyadari sebagai manusia, segala sesuatu baiknya dinikmati secukupnya saja bahkan jika itu sehat. Oksigen yang menjadi hal terpenting bagi manusia saja, jika berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan keracunan dan membahayakan. Intinya apa yang berlebihan akan bahaya begitu pun jika kekurangan. Lalu bagaimana cara agar kita dapat menikmati segala sesuatu dan merasa cukup? tentu saja dengan bersyukur.

Tahun 2023 ini saya memutuskan untuk banyak membaca penelitian dan hampir semua hal di dunia ini dapat dibuktikan secara ilmiah termasuk  sebuah penelitian tentang kebahagian, harapan dan rasa syukur. Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan dua studi tentang hubungan rasa syukur dan kebahagian dan harapan. Pada studi pertama, mereka menemukan bahwa sifat bersyukur seperti mengampuni, self control, dan kesabaran memiliki pengaruh yang kuat dengan kebahagian. Di studi kedua partisipan diminta untuk menuliskan harapan-harapan mereka di masa lalu yang sudah terpenuhi dan juga situasi yang dapat mereka kontrol hal tersebut membuat kebahagian  mereka meningkat. 

Penelitian tersebut mengungkapkan hal sederhana namun bermakna yaitu bersyukur membuat kita memiliki banyak harapan dan bahagia. Namun perlu diingat bahwa bahagia adalah perasaan yang muncul akibat kerja sistem limbik di otak. Perasaan itu syarat akan kerja neurotrasminten di otak yang kemudian mempengaruhi perasaan perilaku dan pikiran. Makanya untuk bahagia seorang harus mempraktikan hidup yang bahagia yang akhirnya akan membuat pikiran perasaannya bahagia. Sebuah study lain yang dilakukan oleh Universitas Harvard mengungkapkan bahagia ialah melakukan hal baik yaitu (1) baik pada orang lain (2) Baik pada diri sendiri dan (3) Baik dalam hal yang kau kuasai. Hal yang terpenting untuk menjadi bahagia, kita harus melatih diri kita untuk melakukan hal-hal baik tersebut.

Banyak hal baik yang saya harapkan di 2023 ini. Dan untuk mencapai itu semua setiap hari saya mulai mempraktikan apa yang saya inginkan. Saya kemudian mulai melakukan perubahan kecil dalam hidup saya setiap hari dan pikir semua ini dapat saya lakukan dengan baik karena saya selalu bersyukur atas apa yang saya miliki. Bersyukur membuat kita fokus pada hal penting dalam hidup, bersikap baik dengan orang lain, dan tentu saja yang paling penting gratis.

Hiduplah dengan rasa syukur dan berbuat baik pada diri sendiri maupun orang lain sehingga kebahagian adalah sahabat kita.


Tidak ada komentar