MENJAGA KESEHATAN FISIK DAN JIWA SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19

COVID-19 atau penyakit yang disebabkan oleh virus Korona telah menjadi pandemik sejak Maret 2020 dan sampai saat ini telah menyebabkan kematian 4juta orang di seluruh dunia dan 40 ribu orang di Indonesia. Penyakit ini berbahaya karena sampai sekarang belum ditemukan obat dan menular dengan cepat. Oleh karena cara termudah untuk mencegah penularan adalah dengan menjaga jarak dan menjaga kesehatan fisik. Namun demikian masalah akibat COVID-19 tidak hanya terjadi pada fisik tetapi juga terjadi pada kesehatan jiwa. Banyak orang yang takut berlebihan dan membuat mereka melakukan hal ekstrem seperti tidak ingin keluar rumah, belanja barang kebutuhan pokok besar-besaran, dan lain-lain hingga akhirnya membuat mereka cemas dan stres. Tahukah kamu, stres berlebihan dapat menyebabkan sistem imun tubuh kita menurun dan membuat kita gampang terkena penyakit. Karena itu selain menjaga kesehatan fisik penting untuk menjaga kesehatan jiwa. Bagaimana caranya? Yuk simak cara menjaga kesehatan fisik dan jiwa selama masa pandemik COVID-19

Menjaga kesehatan fisik
Hal terpenting dalam menjaga kesehatan fisik adalah membuat tubuh kita sehat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengubah pola hidup sehat. Beberapa cara menjaga kesehatan fisik adalah:

1. Makan teratur dan bergizi
Makan teratur berarti kita harus makan 3 kali sehari agar tubuh kita tidak kekurangan energi. Pastikan asupan karbohidrat, protein, lemak, dan serat terpenuhi. Perbanyak makan sayuran dan buah juga bagus untuk membuat tubuh kita lebih segar. Mineral dan vitamin terutama vitamin C dalam buah juga dapat membuat sistem tubuh kita meningkat. Beberapa sayuran dan buah-buahan  yang mengandung banyak vitamin C adalah Brokoli, paprika, bayam, jeruk, jambu biji, kiwi, nanas dan stroberi. Selain itu konsumsi jahe merah juga bagus untuk menjaga stamina tubuh.

2. Berolahraga 30 menit sehari
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa olahraga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan sistem imun tubuh kita. Selain itu berolahraga membuat tubuh kita fit seharian dalam melaksanakan kegiatan harian.

3. Berjemur di bawah matahari pukul 9 sampai 10 pagi

4. Melakukan tindakan pencegahan 
Virus korona menular melalui pernapasan dan dapat bertahan hidup di udara dan benda di sekitar kita termasuk tangan kita. Oleh karena itu cara menjaga kesehatan fisik adalah dengan melakukan tindakan pencegahan penularan. Pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun terutama ketika kita habis berkegiatan dari luar, menggunakan masker berbahan katun jika keluar rumah, menyiapkan hand sanitizer jika keluar rumah, menjaga jarak aman dengan orang lain yaitu sejauh 1 meter setiap berinteraksi, membersihkan HP dengan kapas dan alkohol, dan melakukan isolasi mandiri jika mengalami gejala seperti flu dan batuk. 

5. Memastikan diri sehat jika ingin pergi keluar kota.
Jika ingin keluar kota pastikan bahwa kondisi kita sedang sehat. Orang yang terkena 5. COVID-19 mengalami gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, dan sesak napas terutama setelah kontak langsung dengan orang yang terkonfirmasi positif. Namun demikian tidak semua orang mengalami gejala dan tampak sehat, tapi bisa menularkan kepada orang lain. Jika kita ingin ke luar kota, ada baiknya kita memeriksakan dulu kondisi kesehatan kita dengan melakukan tes apalagi jika kalian berasal dari zona merah COVID 19 seperti Jakarta. jika kalian ingin melakukan covid test dan bingung harus melakukan di mana, kalian bisa juga melakukannya dengan cara yang mudah yaitu dengan cara online. Selain gampang kalian juga tidak perlu mengantri. Bagaimana caranya?


a. Yang pertama kalian bisa menngunduh aplikasi halodoc melalui handphone baik IOS maupun android. Buka dan atur profil kalian dengan memasukkan data yang diperlukan.

b. Masuk ke beranda lalu klik tombol “Tes COVID-19” lalu pilih sesuai lokasi kalian contoh covid test Jakarta. Akan keluar RS yang melakukan Tes COVID-19 di Jakarta dan kita bisa memilih RS yang dekat dengan rumah kita.

c. Berikutnya klik tombol buat janji dan masukan tanggal yang kalian inginkan
Masukan data yang diperlukan seperti identitas diri

d. Setelah data diri lengkapkan kita tinggal membayar 

e.  Setelah pembayaran kita akan mendapatkan pemberitahuan. Saat waktu cek yang ditentukan kita bisa langsung ke RS yang kita mau dan menunjukkan . Mudah dan gampang bukan? 

Menjaga kesehatan Jiwa
Selain cara fisik, penting untuk menjaga kesehatan jiwa kiat selama masa pandemik ini. Menjaga kesehatan jiwa penting terutama untuk mengurangi stres kita. Berikut cara menjaga kesehatan jiwa kita:

1. Menghindari berita tentang COVID-19 jika hal tersebut membuat kita cemas dan takut.
Jika membaca tentang COVID-19 membuat kita takut, ada baiknya kita menghindar dari berita tersebut terutama berita yang negatif. Bacalah berita yang positif dan yakin COVID-19 akan teratasi.

2. Menjalin hubungan positif dengan keluarga. 
Selama pandemik ini kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Alih-alih menghabiskan waktu dengan bermain gawai, saatnya kita melakukan aktivitas bersama dengan keluarga seperti mengobrol, menceritakan hal lucu, menonton film bersama dan hal

3. Menjaga hubungan dengan teman melalui daring. 
Selama pandemik penting untuk mengobrol dengan teman yang jauh dengan menggunakan daring. Bagilah cerita menarik dan hindari membicarakan hal negatif terutama tentang COVID-19.

4. Melakukan hal-hal yang membuat senang. 
COVID-19 mungkin ada hal-hal yang tidak sempat kamu lakukan karena sibuk terutama hobi kamu. Isi harimu selama masa pandemik ini dengan melakukan hal-hal menyenangkan tersebut

5. Berdoa. 
Berdoa penting dan membantu kita untuk tenang. Pastikan juga berdoa agar COVID-19 cepat berlalu dan untuk orang-orang yang mengalami dampak besar akibat COVID-19 dan tetap bekerja  terutama Tenaga Medis, Polisi, tentara, pengatar makanan, tukang gojek, pegawai pusat perbelanjaan dan lain-lain. 

Semoga COVID-19 segera berlalu..

1 komentar

  1. Berhubung selama pandemi ini cuma dirumah, saya biasa usahakan olahraga 15-30 menit perhari sambil berjemur, selebihnya makan dan istirahat teratur, kalau sesekali pergi keluar rumah, selalu pakai masker dan mencuci tangan ketika memasuki area-area ramai tertentu.

    BalasHapus